Similar topics
    Login

    Lupa password?

    User Yang Sedang Online
    Total 2 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 2 Tamu

    Tidak ada

    [ View the whole list ]


    User online terbanyak adalah 24 pada Wed Jul 25, 2012 6:46 am
    Latest topics
    » Manga favorit
    by Otamega Tue Oct 25, 2011 6:58 pm

    » plasa enaknya diapain ya??
    by Otamega Tue Oct 25, 2011 6:56 pm

    » Absensi (sehari sekali)
    by Otamega Tue Oct 25, 2011 6:55 pm

    » O-o-o-o-o-ohayou gozaimasu! XD
    by Otamega Tue Oct 25, 2011 6:55 pm

    » Bahasa Sunda
    by Otamega Fri Jul 15, 2011 6:25 pm

    » Kritik-Saran Niji
    by Otamega Fri Jul 15, 2011 6:24 pm

    » Guru Favorit
    by Otamega Fri Jul 15, 2011 6:23 pm

    » Perang browser
    by tamachama Thu Jul 14, 2011 4:32 pm

    » Angkatan 2012
    by ichi-suti Wed Jul 13, 2011 6:31 pm

    » Perdana Dari Saya
    by Otamega Tue Jul 12, 2011 6:21 pm

    Navigation
     Portal
     Indeks
     Anggota
     Profil
     FAQ
     Pencarian
    September 2017
    MonTueWedThuFriSatSun
        123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930 

    Calendar Calendar

    Affiliates
    free forum
    brothersoft.com
    CLAMP Factory
    Code Geass
    Kamichama Karin
    Follow us on Twitter
    Shikoku
    ASNK ForumAzure Life

    penggunaan partikel

    Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

    penggunaan partikel

    Post by todia on Mon May 04, 2009 7:54 pm

    sy bkal coba jlasin SMWA penggunaan partikel

    ’は’
    例: わたしはたまです

    ~subjek~ wa ~objek~ desu

    yg lainnya nyusul yaa males sayanya
    wkwkwk Razz

    todia

    Jumlah posting : 343
    Points : 362
    Join date : 04.05.09

    Lihat profil user

    Kembali Ke Atas Go down

    Re: penggunaan partikel

    Post by tamachama on Mon May 04, 2009 7:59 pm

    oii~
    kalau bisa sama romajinya dong! wkwkwk

    penggunaan wa:

    watashi wa tama desu. (saya tama)

    eh lho??
    avatar
    tamachama
    Administrator

    Jumlah posting : 575
    Points : 688
    Join date : 01.05.09
    Age : 23
    Lokasi : world of nobody

    Lihat profil user

    Kembali Ke Atas Go down

    Re: penggunaan partikel

    Post by todia on Mon May 04, 2009 8:00 pm

    da emg sy tama

    km yg ga nyambung faniaaa jadi tama maaaa
    merebut nama saja kaw
    wkwkwkw

    apalagi ya?
    rikues dong yg ga ngerti partikel apa

    todia

    Jumlah posting : 343
    Points : 362
    Join date : 04.05.09

    Lihat profil user

    Kembali Ke Atas Go down

    Re: penggunaan partikel

    Post by tamachama on Mon May 04, 2009 8:04 pm

    humm...

    rekues penggunaan partikel:

    ga, ni, o, de, e


    lengkap dengan pengertian, pola kalimat, dan contoh kalimatnya dong!!

    *devilish smile*
    avatar
    tamachama
    Administrator

    Jumlah posting : 575
    Points : 688
    Join date : 01.05.09
    Age : 23
    Lokasi : world of nobody

    Lihat profil user

    Kembali Ke Atas Go down

    Re: penggunaan partikel

    Post by todia on Mon May 04, 2009 8:12 pm

    ah yg itu mah smwa org jga udah tau atuh
    tp ya gpp lah
    SPECIAL BWT MANEH
    wkwkw

    lama ah make hiragana mah

    'ga'
    (pengertian partikel ga ada banyak pisan
    sy tulis yg standard aja ya)

    ~objek~ ga arimasu
    menunjukan keberadaan suatu benda MATI
    rei: isu ga arimasu

    ~objek~ ga imasu
    menunjukan keberadaan suatu benda HIDUP
    rei: haha ga imasu

    ~objek~ ga ~sifat~ desu
    menunjukan sifat suatu benda
    rei:fania ga kirei desu

    ~objek~ ga suki desu
    menunjukan kesukaan trhadap suatu benda
    rei: anata ga suki desu

    ~objek~ ga hoshii desu
    menunjukan keinginan terhadap kepemilikan suatu benda
    rei: kuruma ga hoshii desu

    yg lainnya nanti

    todia

    Jumlah posting : 343
    Points : 362
    Join date : 04.05.09

    Lihat profil user

    Kembali Ke Atas Go down

    Re: penggunaan partikel

    Post by todia on Thu Jul 02, 2009 11:11 pm

    Partikel wa --> は, digunakan buat penanda subject (~~.... adalah.....)
    *. watashi wa asa 5 ji ni okimasu
    私 は 朝 5 時に 起きます
    saya bangun jam 5 pagi.
    --> kalo bahasa Indonesia, biasanya pake Subject - Predikat - Object.
    --> kalo bahasa jepun, pake Subject - Object - Predikat.

    *. Nichiyobi wa tomodachi to Surabaya e ikimashita 
    日曜日 は 友達 と スラバヤ へ 行きました
    Hari Minggu (telah) pergi ke surabaya dengan teman


    Partikel mo も ~~ ..juga... (ato ..pun)
    *. kono nimotsu mo onegaishimasu (barang ini juga)
    この 荷物 も お願いします

    *. watashi mo sonna boshi o sagashite irondesu
    (saya juga ingin mencari topi seperti itu)

    *. doko [e] mo ikimasendeshita. (Tidak pergi kemana pun/juga)
    どこ も 行きませんでした


    Partikel no --> の (menyatakan milik../kepunyaan...)
    *. kore wa konpyuta no hon desu (ini buku [tentang] komputer)
    これ は コンピュタ の 本 です

    *. kono kaban wa Budi san no desu (tas milik Budi)
    この かばんは Budi さん のです

    *. mo sukoshi ooki no wa arimasenka. (sedikit lebih besar dari ini ada?)
    もう 少し 大きい の は ありませんか


    Partikel o を
    --> kalo partikel o, dibelakang partikel o pasti selalu kata kerja.
    *. watashi wa jusu o nomimasu (saya minum jus)
    私 は ジュス を 飲みます

    *. kino kaisha o yasumimashita

    *. kono michi o massugu ikuto, eki ga arimasu
    この 道 を まっすぐ 行くと 、駅 が あります



    Partikel ni --> に
    *. watashi wa asa go ji ni okimasu ==> pada jam 5...
    私 は 朝 5 時 に 起きます

    *. kazoku to tomodachi ni kurisumasu-kado o kakimasu ==> kepada/untuk....
    家族 と 友達 に クリスマス カド を 書きます

    *. watashi wa kaisha no hito ni hon o karimashita ==> ke/dari....
    私 は 会社 の 人 に 本 を 借りました

    *. tsukue no ue ni shashin ga arimasu ==> keterangan tempat (diatas meja ....)
    机 の 上 に 写真 が あります

    *. ashita tomodachi ni aimasu ==> dengan teman ...
    明日 友達 に 会います

    *. 1 shukan ni ikkai tenisu o shimasu ==> keterangan waktu (dalam 1 minggu..)
    1週間 に 1回 テニス を 尾します

    *. kyoto e hana mi ni ikimasu ==> untuk melihat ...
    京都へ 花 見 に 行きます

    *. Kaori chan wa 10 sai ni narimashita ==> menjadi [usia] ....
    カオリ ちゃん は 10 歳 に なりました
    ____________________________________________________________________

    Partikel e --> へ ==> biasanya buat menyatakan arah.
    *. tomodachi to kyoto e ikimasu
    友達 と 京都 へ 行きます

    *. ano shingo o migi e magatte kudasai
    あの 信号 を 右 へ 曲がって ください
    ____________________________________________________________________

    Partikel de --> で
    *. nihon go de repoto o kakimasu ==> dalam bahsa jepang ....
    日本 語 で レポト を かきます

    *. eki de shinbun o kaimasu ==> di stasiun .....
    駅 で 新聞 を 買います

    *. watashi wa 1nen de natsu ga ichiban suki desu ==> dalam satu tahun ...
    私 は 1年 で 夏 が いちばん 好き です
    ____________________________________________________________________

    Partikel to --> と
    *. watashi wa kazoku to nihon e kimashita. ==> dengan keluarga .....
    私 は 家族 と 日本 へ 来ました

    *. hon-ya wa hana-ya to supa no aida ni arimasu ==> toko bunga dan supa ...
    本屋 は 花屋 と スパ の 間 に あります

    *. ashita ame ga furu to omoimasu ==> keterangan..
    明日 雨 が 降る と 思いs増す
    _____________________________________________________________________

    Partikel ya --> や --> dan...
    *. hako no naka ni furui tegami ya shashin ga arimasu
    箱 の 中 に 古い 手紙 や 写真 が あります

    ____________________________________________________________________

    Partikel kara -- made --> から --- まで
    *. watashi wa 9ji kara 5ji made hatarakimasu. ==> dari jam 9 sampai jam 5....
    私 は 9時 から 5時 まで 働きます

    *. watashi no kuni kara nihon made hikoki de 4jikan kakarimasu.
    私 の 国 から 日本 まで 飛行機 で 4時間 かかります

    *. eki made mukae ni ikimashoka.
    駅 まで 迎え に 行きましょうか

    Partikel ga -- が
    ----> fungsi ga disini banyak bgt artinya. Contoh kalimat disini mewakili satu2 arti.
    Biasanya subject + kata benda + ga + kata sifat.

    *. Watashi wa nihon ryori ga suki desu (saya suka masakan jepang)
    私 は 日本 料理 が 好き です

    *. asoko ni otoko no hito ga imasu (disana ada [seorang] laki2)
    あそこ に 男 の 人 が います
    ----> buat ngomongin ttg manusia/orang, kata penunjuk biasanya pake kono, sono, ano. kalo pake kore, sore are itu buat benda.
    ----> Utk benda hidup, selalu pake ...imasu.
    benda mati, pake ....arimasu.

    *.Soyuzno san wa se ga takai desu. (Soyuz san [badannya] tinggi)
    ソユスノ さん は 背 が 高い です

    *. Supotsu de sakka ga ichiban omoshiroi desu. ([dalam sport/olahraga] sepakbola paling menarik)
    スポツ で サッカ が いちばん おもしろい です

    *. ame ga futte imasu ([ada] hujan turun)
    雨 が 降って います

    *. Budi san ga kaite e wa dore desuka.
    Budi さん が かいて 絵 は どれ ですか

    *. Dare ga okane o haratte kuremashitaka.
    だれ が お金 を はらって くれましたか

    ini yg buatan sy jaman dulu aja ya
    tuh udah dibuat sama sy request km, fania

    todia

    Jumlah posting : 343
    Points : 362
    Join date : 04.05.09

    Lihat profil user

    Kembali Ke Atas Go down

    Re: penggunaan partikel

    Post by tamachama on Wed Aug 12, 2009 8:56 pm

    etto, ini copas dari forum sebelah (source-nya tabel kana yang sebelumnya). tulisan ini dibuat oleh naoe-senpai, salah seorang yang masih belum teridentifikasi wujudnya karena baru aja saya kenal (gomen ne naoe-senpai!)

    Yang paling penting di bahasa Jepang: partikel! Klo gak ada partikel, kata-kata dalam kalimat bakal gak jelas posisinya.

    Partikel 'ha'
    Meskipun ditulis pake hiragana ha, tapi klo sebagai partikel dibaca 'wa'. Kata yg diakhiri pake partikel 'ha' menjadi topik dari kalimat.

    contoh:
    Ore wa Lolicon da! (Saya adalah seorang Lolicon!) --> bercanda bung!
    Kore wa Pasokon. (Ini sebuah PC.)

    Partikel 'mo'
    Partikel 'mo' digunakan untuk mengangkat topik yang sama di kalimat yang berbeda, klo di-Indonesia-kan kurang lebih artinya "juga"

    contoh:
    Ore wa Lolicon. Kare mo Lolicon. (Saya Lolicon. Dia juga Lolicon) --> tte, hoka no hito mo iru no ka?
    Kore wa Pasokon. Are mo Pasokon. (Ini sebuah PC. Yang itu juga sebuah PC.)

    Partikel 'wo'
    Ditulis pake hiragana wo, tapi dibaca 'o'. Pada kenyataanya, rasa-rasanya gak ada fungsi lain dari hiragana wo selain sebagai partikel...
    Kata yg diakhiri partikel wo menjadi sebuah objek penderita dari sebuah kata kerja.

    contoh:
    Naoe o korosu. (Membunuh Naoe.) --> TASUKETEKUREEEEE!!!
    Kare o mita. (Melihat dia.)

    Partikel 'ga'
    Partikel 'ga' punya kemiripan dengan partikel 'ha', bahkan bisa saling menggantikan. Penjelasannya mungkin akan lebih mudah klo dijelasin pake contoh:

    Dare ga Lolicon? (Siapa yg Lolicon)
    Naoe ga Lolicon. (Naoe adalah yg Lolicon) --> tte, janee yo!!!

    bedakan dengan:

    Lolicon wa dare? (Lolicon (itu) siapa?)
    Naoe wa Lolicon. (Naoe itu Lolicon.) --> tte, janee to itta darou ga!!!

    Di contoh 1, dengan adanya partikel 'ga', kalimat tanyanya jadi bertujuan mencari siapa yang seorang Lolicon (mencari objeknya secara kongkrit), atau istilahnya mengidentifikasi siapa yang Lolicon. Dari pertanyaan ini timbul pengertian bahwa sebelumnya sudah ada topik yg diangkat, dan pertanyaan ini digunakan untuk pengidentifikasian objek dari topik sebelumnya. Sedangkan di contoh 2, selain bertanya, juga mengangkat topik baru. Jadi timbul kesan seakan-akan ada orang yang datang entah dari mana lalu tiba-tiba bertanya "Lolicon (itu) siapa?". Kesimpulannya adalah partikel 'ha' berguna untuk mengangkat topik baru, sedangkan partikel 'ga' digunakan untuk mengidentifikasi sesuatu. Mungkin awalnya gak begitu jelas perbedaanya, tapi klo sering-sering latihan pasti bakal kerasa bedanya partikel 'ha' dan partikel 'ga'.
    avatar
    tamachama
    Administrator

    Jumlah posting : 575
    Points : 688
    Join date : 01.05.09
    Age : 23
    Lokasi : world of nobody

    Lihat profil user

    Kembali Ke Atas Go down

    Re: penggunaan partikel

    Post by Naoe on Sun Aug 16, 2009 9:53 pm

    ^ie ie, doumo Very Happy
    avatar
    Naoe

    Jumlah posting : 32
    Points : 36
    Join date : 16.08.09
    Age : 25
    Lokasi : パソコンの前

    Lihat profil user

    Kembali Ke Atas Go down

    Re: penggunaan partikel

    Post by Otamega on Thu Jul 07, 2011 9:46 pm

    demi apalah lengkap (dan niat banget)

    makasiiiih... ngebantu banget nih hahaha cheers

    _________________

    --------------------------------------------------------------------------------------------
    Whoooooaaa... This is just TOO much...
    avatar
    Otamega
    Administrator

    Jumlah posting : 129
    Points : 145
    Join date : 05.07.11
    Age : 23
    Lokasi : Somewhere under the RAINBOW...

    Lihat profil user

    Kembali Ke Atas Go down

    Re: penggunaan partikel

    Post by Sponsored content


    Sponsored content


    Kembali Ke Atas Go down

    Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

    - Similar topics

     
    Permissions in this forum:
    Anda tidak dapat menjawab topik